Wednesday, September 17, 2014

Two Stripes :)

Hadiah terindah dari sebuah pernikahan adalah seorang anak.  Kami memang menunda memiliki anak selama setahun ini karena satu dan lain hal.  Yaa, walaupun harus tutup telinga juga setiap ada saudara atau teman yang tanya, "Udah isi belum?".  Pernah menjadi sangat sensitif sekali dengan pertanyaan itu.  Lha orang kitanya aja santai, masih pengen menikmati masa-masa berdua.  Orang tua sendiri juga santai dan tenang karena liat anaknya enjoy-enjoy aja, yang penting udah ada muhrimnya.  Lagian mereka udah punya cucu dari abang saya.  Dan mertua juga sama santainya.  Jadi buat apa orang-orang diluar sana kepo banget.

Pernah suatu saat saking jengkelnya saya sama pertanyaan itu sampe misuh misuh ke orang tua, yaaa ibu saya bilang sih g usah didengerin.  Pas saya ngadu ke suami, dia sih stay cool aja nanggepinnya.  Anggep aja angin lalu.  Lagian, siapa juga sebenernya yang g mau punya anak.  Kita juga pengen koq.  Tapi yaa, kita masih ada pertimbangan lain kenapa menunda, toh demi kebaikan kita dan anak juga nantinya.

Dan ketika suatu hari saya terlambat mens dan sudah menunjukkan gejala-gejala hamil,  seperti mood swing, dada bengkak, dan body basal temperature meningkat.  Maka, saya pun coba test pack.  Yaakk, two stripes saudara-saudara!!  Rasanya campur aduk begitu tau hamil.  Antara senang, sedih, takut, g yakin, dan lainnya.  Setelah itu, ngasih tau suami, dan kita berdua menangis haru.  Ohhh.. That mommet :')

Memang sih, belum rencana-rencana banget punya anak, pengennya tahun depan setelah suami lulus S2.  Tapi kami g menyangka juga bakal dikasih secepat ini.  Alhamdulillah, berarti Allah sudah mempercayakan kami untuk menjadi orangtua.  Pas setahun kami menikah :)

Mulai lah saya baca kembali buku yang dikasih sama dr. Prita SpOG untuk hadiah pernikahan kami dulu.  Belajar kembali tentang kehamilan, walaupun dulu pas di kampus juga pernah di singgung ketika mata kuliah Fisiologi Reproduksi.  Di bukunya juga sudah dilengkapi dengan diagram kehamilan dari waktu ke waktu, untuk mengecek keadaan normal bayi dan HPL (Hari Perkiraan Lahir) nya.  Menurut diagramnya, dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) saya, usia kehamilan saya ketika itu masuk 5 minggu, sekarang sudah 7 minggu.  Dan HPL nya insyaallah di awal Mei 2015.  Dan esok hari setelah test pack, kami mulai hunting bidan atau dokter kandungan di sekitar rumah kami.

Saya pilih konsul di bidan karena biasanya bidan kan perempuan jadi lebih nyaman, tapi di bidan g ada alat USG.  Jadi yaa, pas kontrol pertama cuma ditanya kapan HPHT nya, terus dikasih tau HPL nya, ditimbang berat badan, di tensi darah, dan diberi vitamin asam folat, that's it!!  Ya iyaa sih, baru juga setitik kali tuh calon bayi saya, jadinya belum bisa dideteksi pakai alat.  Mungkin nanti kalo usia kehamilan 12 minggu mau coba di USG biar tau kondisinya baik atau nggk, biar kalo ada sesuatu bisa cepat ditangani.  Pengen test darah juga biar tau kondisi kesehatan saya secara umum, ky berapa Hb saya, ada virus-virus bahaya apa nggk, kolesterol normal atau nggk, dan gula darah.

Pengalaman sampai minggu ke 7 ini sih saya g mengalami morning sickness yang hebat, g mual-mual.  Paling hanya perut g enak, perut kembung, cepat lapar dan cepat kenyang, tapi kehilangan nafsu makan karena lidahnya pahit.  Tapi karena itu, saya jadi susah makan, maunya makan yang berasa-rasa, kaya asin, manis, gurih gitu.  Terus pengen yang seger-seger ky jeruk, semangka, mangga.  Pengennya jajan yang enak-enak gitu, hehhee..  Selain itu saya juga jadi moody banget dan g mau ngapa-ngapain dan juga lebih sensitif.  Jadi ibu saya dulu pas hamil juga katanya gampang, alias g mual-mual gitu.  Makanya anaknya banyak kali yeee, wkwkkw..

Dan setelah tau hamil, mulai deh suami saya lebih over protected.  Dari naik motor ugal-ugalan eehh, sekarang jadi pelan-pelan.  Terus makan saya jadi g boleh macem-macem.  Waktunya say good bye sama mie ayam enak deket rumah, bakso, batagor, gorengan pinggir jalan, dan mie instant, huhuhuu.. Terus makanannya jadi sayur mayur dan buah, makan harus berprotein, minyak ikan, suplemen zat besi dan asam folat, serta susu hamil.  Gapapa deh, demi anak.  :)

Semoga kehamilan saya kedepannya lancar yaa, saya dan anak saya sehat dan nantinya lahir sempurna.  Aminnn...

No comments:

Post a Comment