Monday, November 21, 2016

Jodoh dan Mirip

Katanya sih, kalau jodoh itu mirip.. Dulu pernah dijelaskan ketika kuliah, bahwa alam bawah sadar kita cenderung mencari kenyamanan pada sosok yang familiar dengan kita, seperti misalnya keluarga. Karena berhubungan dengan keluarga sendiri tidak boleh, maka kita mencari sosok 'seperti' keluarga kita di luar.  Itu mungkin yang akhirnya membentuk 'kriteria' pasangan yang kita inginkan. 

Lagi hamil Chi

Berbicara masalah pasangan, banyak yang bilang kami mirip (secara fisik?) iya kaahh??  Tapi jika diingat-ingat lagi, bukan hanya fisik sepertinya.  Makin kesini, makin lah saya sadari, bahwa yang 'sanggup' menghadapi saya yaa hanya suami saya, begitupun sebaliknya.  Dari ngambeknya saya, dia yang paling tau cuma dari gesture.  Dari marahnya suami, saya yang paling ngerti.  Apa yang suami saya cari ketika lagi buru-buru tanpa dia bisa sebutkan, saya langsung tau apa yang dia butuhkan. Itulah kenapa saya berjodoh dengan suami saya.  Karena kalau dengan orang lain, belum tentu sanggup.. hahhaaa.. Itulah yang harus selalu disyukuri.  Begini-begini, saya bisa juga lhoo jadi istri, wkwkw.. 

Mungkin, kita dimata pasangan belumlah ideal.  Atau sebaliknya.  Jika kita merasa pasangan kita bukanlah pasangan yang ideal menurut kita, coba kembalikan lagi pada diri sendiri.  Apakah kita sudah melakukan yang terbaik untuknya atau belum?  Karena pasangan kita akan memerlakukan kita dengan baik, jika kita pun melakukan yang terbaik.  Pasangan itu ibarat cermin.  Apa yang kita perlihatkan, begitupula pantulannya.  Pernikahan itu proses panjanggg sekali.  Sekali-sekali mungkin ada riak-riak yang didalamnya, tapi semuanya adalah proses untuk mendewasakan pasangan suami istri agar lebih saling mengenal dan memperbaiki diri.

Saturday, November 12, 2016

Yay 'n Nay Breastfeeding

Si bocah udah 18 bulan sekarang.. 6 bulan lagi bakalan disapih (harusnya).. Tapi emaknya masih galau, bisa apa nggak yaa melalui ini dengan mulus.  Katanya sih kalo mau sukses weaning with love (WWL) harus ada keikhlasan dari kedua belah pihak, si ibu dan anaknya.  Si bocah sih udah sering di sounding kalo nenen udah gede malu.  Frekuensi nenennya sih udah g terlalu sering kaya dulu, udah suka juga minum susu UHT ataupun murni.  Tapi tetep ajaa, galauu maakk..

Nah, Ibu-ibu yang udah senior mah pasti ngerti laah ngadepin hal penyapihan gini pasti gampang-gampang susah..  Buat yang baru jadi ibu, atau anaknya baru satu, pasti baru mengalami yang namanya yey dan nay masa menyusui..

Yey nya nih yaa, semua masalah bocah bisa selesai dengan nangis..  Ngek dikit, sumpel nenen.. Ngok dikit nenen.. Selesai deh, tenang lagi bocahnya.
Anak susah makan?? No problem.. selama anak masih nenen, masih tenang-tenang dikit.  Yang penting emaknya makan yang banyak biar susu deras dan lancar jaya..
Anak sakit?? Gak mau minum obat?? (anak gw banget ini kalo sakit g pernah minum obat) langsung gempur asi.. nenenn aja terus obatnya, murah meriah, wkwkkw...
Emak ngantuk, anak masih pecicilan?? Nenen dan mpuk-mpuk.. gak lama bobo juga.. tidurlah kita berdua. hahha (modus emaknya tidur siang)
Bisa makan banyak tapi berat badan g naik signifikan euyy..  semua lari ke ASI.. Malah ada lho yang jadi tambah kurus pas lagi nyusuin bayi. Asik kaan? G perlu repot diet-diet, BB udah balik lagi ky sebelum hamil.



Ya kan ya doonngg?? Seneng kan solusi dari kerempongan ngurus anak salah satunya adalah nenenin.. ohh, so comfort zone..


Nay nya apa doong??  Awal-awal nyusuin yaa agak drama juga, ASI belum keluar lah, perjuangan deh.. Mana kalo anak pertama itu, which is kita gak pernah nyusuin ya pasti keluarnya susah, sampai lecet-lecet, dan berdarah karena putingnya belum lentur.
Kadang teh suka pegeeell banget nenenin di satu posisi aja.. Belom kalo anaknya udah keburu PW, ganti posisi dianya bangun, errr...
Harus pake baju berkancing kemana-mana, biar gampang nyusuinnya.  Bye bye deh sm T-shirt biasa..
Kadang suka digigit tiba-tiba, ini yang suka bikin kaget. (makanya mak, kalo nyusuin jangan maen HP meleee..)
Kadang anak g mau lepas pas dia udah PW nenen.. padahal hajat kita sudah diujung tanduk, apalagi pas kebetulan si emak lagi diare, jadilah nahan sampe keringet dingin.. olalaaa rasanyaa.. I've been there bu ibuuu.. hayooo, siapa yang pernah jugaaa??

Chi selfie sendiri
Duhh, mana si Chi lagi udah mulai pinter tantrumnya lagi, pusing deh pala berbi (pingsan,,) kalo pas dia lagi rewel gitu senjata andalannya alias nenen udah g ada lagi, hahhaa..  Coba di buku Halo Balita ada yang judulnya, Aku Mau Disapih.. *menghayal* pasti tiap hari bakalan gw doktrin terus anaknya pake buku itu sampe masa penyapihan, wakakaka..

Tapi mostly menyusui adalah saat-saat menyenangkan.. Dimana kita bisa berquality time berdua, yang pastinya merekatkan hubungan ibu dan anak..  Buat yang baby blues susui aja terus anaknya, pasti rasa cinta dan sayang akan datang dengan sendirinya.  Huhuhu.. kalo udah gini jadi baper deh ngomongin masalah penyapihan.  Semoga mommy dan Chi bisa melalui masa penyapihan ini dengan mulus dan ikhlas yaaakk.. semoga g ada drama-drama berarti, hahhaa.. Ahh, pasti bakal kangen nanti deh sama saat-saat menyusui.. jadi, selagi masih menyusui, marilah kita nikmati bersama-sama, nak.. hahhaa..


Friday, November 11, 2016

Brownies Minimalis

Kemarin sempat lihat di grup masak ad resep brownis g pake mixer n g pake oven. Panggangnya cukup pakai happy call aja. Bahan2 nya pun mudah di dapat di rumah. Akhirnya hari ini coba deh.
.
Bahan:
Telur 3 butir
6 sdm gula pasir
6 sdm terigu
4 sdm minyak goreng
2 sdm mentega cair
6-8 sdm milo bubuk
1 sdt Vanilla bubuk
1 sdt soda kue
Topping oreo, misis, atau coco crunch (optional)

Cara membuat:
Masukkan telur dan gula. Kocok smp gula larut. Masukkan terigu, milo bubuk, aduk perlahan smp tidak menggumpal. Masukkan minyak dan mentega cair. Aduk rata.
.
Oles Happy Call dengan mentega. Tuang adonan yang sudah siap ke dalam Happy Call. Panggang dalam Happy Call dengan api kecil dengan menggunakan tatakan kompor yang ditumpuk 2. Panggang selama kurang lebih ±50 menit. Taburkan toping bila mau.
.
Dari hasilnya kurang nyoklat karena memang hanya pakai milo. Teksturnya agak ngembang, tidak seperti brownis yang bantet. Tapi so far, lumayan enak dan mudah dibuat. Dan.. dalam percobaan pertama pun langsung berhasil, yayyy.. Happy cook
ing ;)


Wednesday, November 9, 2016

#Tutorial: Hoop Art

1.  Siapkan alat dan bahan yang terdiri dari:
1. Kain katun 2 warna (hijau untuk rumput, biru untuk langit)

2. Viselin untuk melapisi kain
3. Alat tulis (pensil, penggaris, kertas, penghapus)
4. Alat potong
5. Bidangan (saya menggunakan yg berdiameter 20 cm)
6. Kain flanel
7. Aneka kancing
8. Renda
9. Lem PVC
10. Alat jahit



2.  Buat cetakan bidangan lingkaran dalam pada selembar kertas


3.  Lingkaran dalam bidangan


4.  Gambar kreasi yg diinginkan pada kertas sebagai layout


 5. Gunting kain flanel sesuai dengan layout dan kreasi yang diinginkan


6.  Setelah terpotong, tata kain flanel pada layout kertas. Perhatikan kembali apakah ada yg kurang


7.  Jahit dua bagian kain, hijau dan biru sebagai alas bidangan.  Ukuran menyesuaikan dengan layout pada kertas.  Lebih kan beberapa cm agar dapat dipasangkan pada bidangan.  Beri pelapis viselin pada bagian belakang kain yang terlah tersambung 


8. Nah, ini dia kain yang sudah dijahit dan tersambung untuk dasar bidangan


9. Pindahkan layout pada kertas ke bidangan, it's look good ;)


10.  Beri lem PVC pada bagian belakang kain flanel, dan tempelkan pada tempat sesuai layout.  Jika tidak ingin dijahit, maka tahap ini bisa langsung melanjutkan ke tahapan merapikan bagian belakang.


11.  Jahit sekeliling kain felt sebagai aksen
*abaikan jahitannya yg berantakan :p


12. Jika sudah selesai dijahit, rapikan bagian kain yang tersisa dengan mengelem nya di kayu bidangan


13. Ini diaa hasilnyaaa yang sudah tergantung


Potatoes and Corn Cream Soup

Yapp.. Iseng iseng mengenyangkan di weekend yang mendung-mendung galaau gimanaa gitu..
Resep mudah, enak, kenyang, gurih dan bergizi.
Silahkan kalau mau dicoba sendiri di rumah, berikut saya share resepnyaa :)

Bahan:
1,5 bawang bombay, dicincang
4 buah bawang putih, keprek
3 sdm tepung maizena, larutkan dengan 5 sendok air
garam dan merica secukupnya
400 ml susu putih segar cair (saya pakai Diamond)
2 bonggol jagung manis, di pipil
1 buah kentang, potong dadu
3 buah sosis, potong-potong
100 gram daging ayam, potong dadu
4 sdm mentega, untuk menumis
200 air untuk merebus
Keju parut untuk garnish/taburan

Cara Membuat:
1. Panaskan mentega, lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih.  Tunggu sampai harum dan matang. (Menumisnya bisa langsung di dalam panci)
2. Setelah bawang harum, masukkan jagung yang telah di pipil dan air secukupnya untuk merebus.
3. Masukkan kentang yang telah dipotong dadu lalu tunggu hingga kentang dan jagung matang (empuk).
4. Masukkan ayam dan sosis ke dalam panci, matangkan.
5. Tuangkan 400 ml susu cair ke dalam panci, aduk-aduk, dan tunggu hingga mendidih.
6. Berikan bumbu garam dan merica secukpnya dan sesuai selera.
7. Tuangkan maizena yang telah dilarutkan, aduk-aduk hingga mengental.
8. Taburkan keju untuk menambah kelezatan dan rasa gurih.



Nahh.. mudah bukaan cara membuatnyaa? ;)
Fyi, saya buatnya sih g pake resep, semua takaran bahannya berdasarkan kira-kira aja, hehhee..
Tapi begitulah yang sudah saya praktikkan sendiri di rumah.  Kira-kira bisa untuk 10 porsi.  
Untuk kekentalan, bisa menambahkan Maizena jika suka yang lebih kental, tapi kalau suka yang agak cair, bisa dikurangi Maizena nya.
Bisa juga ditambahkan dengan sayuran seperti brokoli dan wortel untuk menambah gizi.  Daging ayam juga bisa diganti dengan daging sapi atau smoked beef, udang, atau jamur.  Untuk tambahan karbohidrat, bisa disantap menggunakan roti tawar.
Praktis bukaaann? ;)

Tunggu resep selanjutnya yaaa..

Tuesday, November 8, 2016

Review Panasonic Hand Blender

Karena Adwa Food sekarang sudah punya gerai sendiri (tsaelaahh gerai.. padahal mah warung, hihi.. tapi amiiinn semoga punya 'gerai makanan' beneran yang baguuss..) jadinya blender yang lama di boyong kesana deh.

Dan karena blender itu super penting menurut saya, akhirnya saya ajukan proposal pembelian ke pak suami.. Alhamdulillah di acc, walaupun belinya masih nyicil *tutup muka*
Penting lah blender itu, suami kan pemakan sambal, zaman sekarang masih nguleekk?? helloo.. *ngomong sama ulekan* wahh.. bisa berotot lah tangan kalo mesti ngulek setiap bikin sambal buat suami.

Nah, pilihan saya jatuh lah pada hand blender.  Bukan blender yang konvensional seperti yang saya punya sebelumnya.  Sebenarnya sih kepengen hand blender itu dari pas anak saya MPASI, lihat review-reviewnya katanya sih praktis bikin makanan bayi pakai itu.  Tapi, karena masih ada blender yang lama, jadi di tahan-tahan buat beli yang baru.  Maklum lah, emak-emak irit, wkwk..

Tapi sekarang, mumpung blendernya kepake di warung, kesempatan emas buat beli nih, wahahhaa.. *senyum licik*.. dan saya nyesellll..





kenapa gak dari dulu belinyaaa..




Awalnya saya teh kabita sama Tokebi hand blender itu.. warnanya bagus, praktis, bisa ganti-ganti pisaunya, dan waktu si mbak-mbak nya promosi di TV, ada bonusnya satu set alat masak dan multi lock (produk dari lock n lock).. Tapi ya, harganya lumayan juga, diatas satujuta.. Pengen nyicil jg pake CC, eeh, CC kami g kerjasama dengan O Shop.  Dan setelah dipikir-pikir lagi, ah.. kemahalan.. dan review nya belum banyak, takut susah nanti kalo service atau g sesuai ekspektasi karena kemakan iklan doang *tutup muka*.. akhirnya coret lah dari list nya.


Tokebi Hand Blender Platinum

Akhirnya ubek-ubek lah segala market place online, cari hand blender yang udah mumpuni, terkenal kualitasnya, dan harganya terjangkau.  Awalnya kepengen Philips yang ini.  Harganya masih masuk lah di kantong, kualitas Philips udah tau lah yaa.. Tapi saya kurang sreg sama stick  pisaunya yang bukan stainless steel.  Nyari-nyari Philips yang lain, tapi koq g banyak yg jual di market place.. 

Philips Hand Blender 1603


Dan pas lagi ubek-ubek market place, ketemu deh sama Panasonic Hand Blender MX SS1 ini.  Harganya beda tipis lah sama Philips, kisaran 700 ribu.  Warnanya item, jadinya gak cepet kotor deh..  Stick pisaunya pun dari stainless steel, jadi lebih kuat.  Dan pas dateng barangnya, ternyata enak di genggam, ada pengaturan kekuatatannya, jadi kita bisa setting, mau kekuatan penuh apa enggak, tergantung kita lagi ngeblend apa.  Dan itu akan mempengaruhi hasil akhir masakan kita, halus apa kasarnya.  Di Philips g ada feature ini lhoo.. Pengoperasiannya mudah, tombolnya empuk saat di pencet.

Panasonic Hand Blender MX SS1

Panasonic Hand Blender ini juga dilengkapi dengan gelas pengaduk bisa jg jadi gelas ukur, wisk  dan juga chopper.  Tapi belum saya coba chopper nya, karena belum bikin makanan apapun yang pakai itu.  Kalau dari gambarnya sih, chopper punya Panasonic ini lebih besar jar nya dari Philips..

Enakeun lah pake handblender ini dibanding pakai blender biasa, g susah ngoret-ngoretin blender di dasar-dasar gelasnya, hahhaa.. gampang dicuci, gampang dipake, nyimpennya juga ga terlalu makan tempat, tinggal di gantung aja..

Ketika mau beli hand blender, review Panasonic ini sedikit banget.. Semoga yang lagi cari hand blender terbantu yaa dengan postingan saya ini.

About Adwa Family

Assalamualaikum semuanyaaa.. wahh, PR sekali yaa ternyata beberes blog itu.  Salahnya sih, dulu bikin blog banyak-banyak.. padahal anaknya males update, wkwkw.. akhirnya disatukan lah semua disini, di bendera Adwa Family, walaupun mostly isinya tentang saya doang.. hahhaa.. maklum, semua blog yang dulu pernah terbit, mulai dari craft blog, travelling blog, sampai blog galau saya saya compile disini.  Jadi malu kalau baca-baca tulisan zaman batu dulu, wkwkw.. ;)

Saya kepengennya sih, aktif lagi di blog.  Masalahnya bisa istiqomah apa nggak, itu dia yang susah.  Klasik lah yaa.. Dulu, bikin blog asal aja, sekarang dicoba lah lebih rapi, mulai dari tema dan content nya saya fokuskan ke hal-hal yang 'ibu-ibu' dan keluarga banget laahh.. mulai dari hobby craft saya, travelling saya (dulu) dan keluarga (sekarang), gaya parenting saya dalam mengasuh si kecil, dan hubungan kami sebagai suami istri.

Semoga dari cerita-cerita yang saya bagikan nanti bermanfaat untuk semua yaaa..
Salam hangat, 
Hilwa