Saturday, February 27, 2021

Sehat dengan Bekam di Rumah

Sudah beberapa bulan ini punya alat bekam sendiri di rumah, tadinya sih iseng aja beli, tapi ternyata gak nyesel punyaa.. Ternyata sangat amat berguna.

Jadi, at least sebulan sekali memang saya suka dipijat, biasanya pas menstruasi, atau setelahnya. Itu jadi semacam self reward dan memanjakan diri. Tapi kadang yaa suka pegel tiba-tiba, masuk angin, dan sakit-sakit ringan saat belum saatnya pijit. Jadinyaa yaa punya alat bekam ini berguna banget sih. Buat anak-anak, ini less pain than kerokan. Yeep, saya juga suka dikerok kalau masuk angin, tapi setelah punya ini, ini terasa lebih enaakk.. Dan anak-anak pun g terlalu kesakitan kalau dibekam.

Bocah abis dibekam momi


Apalagi harganya juga affordable, gak mahal-mahal banget koq, beli di Shopee, cuma seratus ribuan, udah dapat 12 cup.  Dan cara berbekam sendiri di rumah juga gak sulit.  

Dan enaknya lagi pakai bekam itu, ketika suami off site, pasti capek, dan biasanya dipijit.  Badannya kan gede tuh yaa, dan kalau eijk pijitin yaa buat dia kaya di usap-usap doang kali yeee, alias kurang berasa. Lha abis otot eijk udah lembek macem peyeum.. Suka dikatain 'daging Wagyu' sama laki eijk karena empuk wkwk.. Akhirnyaa, kalau abis sesi pijitin dia itu, malah eijk yang kecapekan.  Dan biasanya, gak dipijitin balik, atau ditinggal tidur, hahha.. Yhaa, begitulaah..

Anyway, kalau pakai alat bekam itu, less capek.. Awalnya di suction dulu, lalu di luncur-luncur gitu.. Ketika kulit dan otot ikutan ketarik, itu lebih kerasa dibanding pressure dari massage atau pijitan.  Jadi buat nyeri otot dan pegel-pegel itu enak banget, walau emang sih kerasa sakit. Tapi, surprisingly, setelah dibekam, rasa sakit dan pegal-pegal itu mendingan dan hilang.

Walaupun, belum punya ilmu berbekam yang mumpuni, tapi kalau cuma bekam biasa tanpa tusuk-tusuk sih harusnya gak terlalu banyak pakem yaa, karena relatif lebih aman dibanding pakai jarum atau akupuntur.

Beberapa manfaat bekam yang aku rasain sih bisa bikin otot lebih relaks, menghilangkan pegal-pegal dan nyeri otot, bikin tidur lebih nyenyak, menghilangkan masuk angin, melancarkan peredaran darah.  Jadi memang, selama dibekam itu, tubuh sengaja dibuat radang (inflamasi) naah, karena ada peradangan itu, maka ada respon tubuh, misalnya kenaikan suhu tubuh ditempat yang dibekam jadi lebih hangat, darah mengalir ke tempat yang dibekam untuk kemudian memperbaiki peradangan di daerah tersebut, jadi akhirnya 'kembali sehat', apalagi kalau sampai darahnya dikeluarkan jadi sekalian mengeluarkan darah-darah kotor.

Selain itu, bekam ini salah satu sunnah Rasulullah. Kalau udah sunnah maah, ikutin aja dulu, pasti banyak manfaatnya buat kesehatan..