Monday, March 1, 2021

Kenapa sih Banyak Wanita Kena Love Scams?

Waktu tinggal di Puruk Cahu pas ikut suami, ada tetangga, ibu-ibu, janda, gak terlalu muda lagi, baru bikin Facebook, eehh.. gak lama diajak kenalan sama bule bule.. Ya girang laah.. Beberapa kali dia cerita tentang kenalannya itu.  Dan setelah beberapa hari sesi chat, akhirnya si bule yang katanya kerja di Oil Company, mau ngirimin hadiah dan uang untuk dia, sampai minta alamat.  Awalnya sih dikasih, tapi beberapa hari setelah itu ada telepon dari Bea Cukai yang minta transfer untuk ambil hadiah, mulai deh dia bingung cari kemana uang untuk ambil paketnya.. Terus dia cerita ke saya, untunglah dia cerita ke sayaa..


Akhirnya, saya kasitau deh kalau itu adalah modus penipuan online, atau online scam, kadang juga dibilang love scam, karena menyasar wanita.  Pelakunya bisa dari dalam negeri ataupun luar negeri, banyak narapidana yang jadi pelaku love scam, bahkan oknum aparatnya pun ikut bermain. Yaiyaalaah.. gimana mereka bisa dapat ponsel kalau aparat gak ikut bermain?

Kadang pelaku pun dari luar negeri, yaa bisa dari Nigeria, India, atau dari mana saja.  Biasanya mereka mendapat nomor US, UK, atau Canada yang bisa dibuat secara free dari internet.  Pelaku biasanya berprofesi sebagai Pilot, pekerja Oil and Gas Company, Pelayar, yang kerjanya mobile. Foto pelaku yaa yang ganteng-ganteng lhaaa.. biar mangsa klepek klepekkk..

Beberapa kali saya pun pernah dapat scammer nyasar. Dan kadang suka diladenin aja biar tau gimana sih mereka 'mainnya'.  Ada yang dari luar negeri, ada juga yang dari Indonesia.  Kalau dari luar negeri, ngomong sama mereka tuh kaya gak nyambung gitu, gak sesuai konteks.  Saya tanya apa, dia jawab apa.  Baru kenal langsung tanya, "udah nikah atau belum?" terus, "kerjaannya apa".. Yang ky gini biasanya mereka survey dulu, ini calon korban kira-kira udah punya suami atau belum, punya uang banyak atau enggak.. Udah gitu dia pasti langsung ngasitau kalau kerjanya sebagai Pilot atau di Oil Company biar calon korbannya auto matre..

Salah satu scammer nyasar, gw suruh jualan gak mau dia


Satu, foto oke, ganteng rupawan.. dua kerjaan oke, pasti duit banyak. Nah, akhirnya ciwi-ciwi banyak yang lanjut ke tahap selanjutnya.

Kalau saya, stop sampai di situ. Udah tau modusnya.  Gak pernah lanjut, karena kayanya saya ini gak mudah jadi korban.  Tapi buat yang ujung-ujungnya lanjut, biasanya tukeran nomor HP, lanjut ke WA, saling tukeran kabar, panggil-panggil sayang atau papa mama, telefon-telefonan (tapi nolak kalau diajak video call).. 

Kalau udah sampai tahap ini, biasanya para korban udah gampang banget buat diperdaya, diminta foto bugilnya, apalagi ditambah janji-janji palsu mau dinikahin, mau dikirimin hadiah, mau buat usaha bareng, dan lainnya

Biasanya pelaku yang ngaku duda mulai pura-pura butuh uang buat anaknya yang sakit, ketipu usahanya, butuh buat pulang kampung, atau apesnya lagi mereka bisa memeras dengan mengancam akan menyebarkan foto-foto tak senonoh yang dikirimkan ke pelaku. Wheeww.. yang kaya gini kalau udah kejadian bakalan bikin tidur gak nyenyak sih.. Apalagi kalau ternyata si korban masih punya suami. Auto semaput..

Banyak lhoo kejadian yang begitu. Coba deh tengok Facebook Groupnya Waspada Scammer Cinta.  Cerita-cerita gini serinnnng banget.  Dan korbannya banyaakk, dengan kerugian terdata bisa milyaran rupiah.. Itu yang terdata, yang enggak?  Mungkin lebih banyak..

***

Kenapa yaa bisa dengan mudahnya para wanita itu kena tipu scammer?

Menurut analisa sotoy sayaaa..
Tadi udah yaa, yang pertama dan kedua, good looking dan pekerjaan oke.
Wahh, dideketin cowo begituuu, auto ge er dong yhaaa..  Asyik nih kalau punya pasangan bule tampan, bakal dibawa ke luar negeri, apalagi udah mapan..  Woi, mereka nyari jodoh kaga di online kaleee..

Para scammer ini tau sih kelemahan wanita, yang suka perhatian, suka dipuji, suka dijanji-janjiin, dan dibikin baper.. 

Siapa coba yang gak mau diiming-iming hadiah?
Siapa coba yang gak seneng diperhatiin?
Diajakin nikah, padahal belum ketemu, udah mau buka baju.

Makanya, ada yang bilang, kalau menaklukkan wanita itu ya dari telinga.  Dan para scammer tau ini..

Para wanita yang jadi korban ini kesepian gaes.. dan itu yang akhirnya dimanfaatkan, bahkan banyak yang udah berumah tangga, punya anak, paruh baya, dan adapula yang berpendidikan, kejebak pada scammer.  Mungkiinn. mungkin lho yaaa.. Bertahun-tahun nikah, not spark joy anymore, udah hambar gitu deh.. tapi sebenarnya ya mungkin baik-baik aja.  Eh, ujug-ujug ada yang perhatian, merasa, ditengah krisis percaya dirinya, "Gue masih laku juga yeee" akhirnya gayung bersambut, tanpa terasa telah terpedaya..

Dan bisa ditebak akhirnyaa..
Mereka dapat korban baruu..

Selain itu, banyak juga wanita-wanita yang memang polos. Yaa, kaya tentangga saya itu, baru buka sosial media, gak tau kalau banyak modus penipuan semacam itu.  Jadi yaa, gak heran banyak ibu-ibu paruh baya yang kena, karena mungkin mereka gak ngerti dan terlalu naive. 


Semoga bisa dijadikan pelajaran yaa dari kasus-kasus di atas.  Selalu curiga kalau ada ciri-ciri scammer dari kenalan online. 


No comments:

Post a Comment